Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Agar Si Kecil Semangat Belajar

Mendengar kata ‘belajar’ kadang menimbulkan kesan menakutkan atau tidak menyenangkan bagi sebagian anak.

Belajar baik secara akademik maupun non akademik akan menjadi proses yang dilewati setiap anak. Namun, proses tersebut ada kalanya menjadi hal yang tidak menarik bagi anak. Untuk mendorong anak semangat dan termotivasi belajar, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan. 

Suasana Belajar Mendukung 

Suasana belajar yang positif dan kondusif di rumah menjadi salah satu hal penting. Karenanya, pastikan tempat belajar anak nyaman, terhindar dari berbagai gangguan seperti suara televisi atau aktivitas anggota keluarga lain yang dapat mengalihkan perhatian anak saat belajar. Selain itu, ajak anak memilih perlengkapan belajarnya seperti, meja, kursi, alat tulis, atau lainnya yang dapat membuat anak semangat atau terpacu belajar. 

Buat Jadwal dan Tujuan Belajar 

Ajak anak membuat jadwal belajar yang tidak hanya terkait dengan pekerjaan rumah, tapi juga jadwal mengulas kembali pelajaran yang akan, atau yang sudah didapatkan di kelas. Menetapkan tujuan juga dapat memotivasi anak belajar dan mengetahui kemajuannya. Bantu anak membuat tujuan belajar jangka pendek hingga panjang. Selipkan obrolan tentang yang mereka lakukan di kelas setiap hari, agar orang tua tahu aktivitas, pelajaran, atau guru favorit anak.

Dampingi Anak 

Duduklah bersama anak saat mereka belajar dan hindari sambil menggenggam ponsel atau menyelesaikan pekerjaan kantor di laptop. Dengan mendampingi anak belajar dapat memotivasi mereka, apalagi jika anak membutuhkan bantuan bila mengalami kesulitan saat belajar. Sambil mendampingi, jelaskan dengan lembut pentingnya proses belajar, bukan hanya sekadar mendapat nilai yang baik. 

Kenali Gaya Belajar Anak 

Setiap anak memiliki gaya belajar berbeda, hal ini dapat membantu meningkatkan proses belajar anak. Beberapa gaya belajar dasar di antaranya: visual, auditori, verbal, logis, kinestetik, sosial, dan soliter. Bantulah anak menemukan gaya belajarnya. Misalnya, anak yang gaya belajarnya visual biasanya lebih paham dengan melihat bagaimana segala sesuatunya bekerja. Sedangkan auditori, dengan cara mendengarkan hal-hal yang dijelaskan. 

Bangun Kepercayaan Diri Anak 

Membiarkan anak menyampaikan pendapat tentang berbagai mata pelajaran dapat membantu membangun kepercayaan dirinya. Beri tahu anak agar menyertakan alasan tepat untuk argumennya. Sampaikan juga jika mengalami kegagalan atau nilai rendah tidak perlu berkecil hati, justru ambilah pelajaran dari situ. Agar percaya diri anak bertambah dan termotivasi, apresiasi setiap pencapaian yang mereka raih.

Pentingnya Kebiasaan Membaca 

Kebiasaan membaca penting ditanamkan sejak dini karena dapat membantu mereka mengembangkan kecintaan dan kemampuan untuk belajar di semua pelajaran. Bukan hanya membantu mengembangkan kosa kata, tapi membantu otak belajar memproses konsep dan komunikasi formal. Buatlah kegiatan membaca menjadi sesuatu yang menyenangkan dengan membiarkan anak memilih sendiri buku yang ingin dibaca, dan bantu mereka membaca. 

Pengalaman Belajar Sendiri 

Cobalah berikan anak kemampuan dalam menentukan pilihan untuk hal yang berkaitan dengan lingkungan belajar, aktivitas, dan gaya mereka. Contohnya, ketika ada tugas menulis, biarkan anak memilih topiknya. Hal ini dapat memotivasi anak semangat belajar. Berikan pula dorongan dan dampingan dalam mengeksplorasi topik serta pelajaran yang ia senangi. 

Buka Komunikasi 

Hindari menceramahi, membandingkan, atau perkataan yang mengecilkan hati anak. Sebaiknya, berikan instruksi yang tegas dan jelas ketimbang memarahi, atau mengancam. Dorong anak mengungkapkan pendapat tentang yang ia rasakan dalam proses belajarnya. Buatlah suasana terbuka, sehingga anak nyaman mengekspresikan suka, tidak suka, atau kekhawatirannya, serta validasi perasaannya. Jika anak merasa pendapatnya tidak penting, ia dapat cenderung melepaskan diri dari proses pembelajaran. 

Untuk membantu si kecil dalam proses belajarnya, jangan lupa berikan HDI Kids™ HoneyBee PollenS yang mengandung campuran beberapa jenis bee pollen berkualitas dari berbagai daerah di Amerika. HDI Kids™ HoneyBee PollenS membantu melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dalam masa tumbuh kembang anak, serta membantu meningkatkan kemampuan berpikir dan konsentrasi belajar anak

Kombinasi beberapa jenis bee pollen dalam HDI Kids™ HoneyBee PollenS memiliki nilai nutrisi yang lebih tinggi, dan diformulasikan khusus untuk tumbuh kembang si kecil.

Sumber •

https://parenting.firstcry.com/articles/20-tips-on-how-to-make-your-childreninterested-in-study/ • https://www.educationcorner.com/motivating-your-child-to-learn.html

EKO HDI
EKO HDI Telp/WA 0852-7733-5254
Follow IG @eko.hdi