Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Dan Ciri-Ciri Seputar Lebah Madu


Setiap 20 Mei diperingati sebagai Hari Lebah Sedunia, tujuannya menyebarkan kesadaran akan pentingnya lebah dan hewan penyerbuk lainnya dalam kehidupan kita. Keunikan hewan yang satu ini bukan hanya dari produk perlebahan yang selama ini kita kenal, tapi sisi lainnya juga menarik. Berikut ini fakta dan ciri-ciri seputar lebah madu.

Berperan Penting dalam Proses Penyerbukan 

Sekitar sepertiga dari tanaman pangan yang kita konsumsi diserbuki oleh lebah madu. Perannya sangat penting untuk bunga, buahbuahan, dan sayuran karena turut membantu tanaman pangan tersebut menumbuhkan biji dan buah. 

Hidup Berkoloni dalam Sarang 

Dalam satu koloni bisa berisi hingga 60 ribu lebah. Anggota sarang dibagi menjadi tiga jenis yaitu, ratu lebah bertugas menelurkan generasi lebah berikutnya dan memproduksi bahan kimia yang memandu perilaku lebah lainnya, lebah pekerja yang biasanya dilihat banyak orang terbang di luar sarang bertugas mencari makanan (serbuk sari dan nektar dari bunga) juga membangun dan melindungi sarang, serta lebah jantan bertugas mengontrol suhu sarang, juga mengawini ratu lebah, dan setelah itu mati.  

Penerbang yang Luar Biasa 

Kecepatan terbang lebah sekitar 25 km per jam, dan mengepakkan sayapnya 230 kali per detik.

Memiliki 170 Reseptor Bau 

Kemampuan tersebut membuat indra penciuman lebah dapat mengenali berbagai jenis bunga saat mencari makanan dan untuk berkomunikasi dalam sarang.

Lebah Pekerja Hidup 5-6 Minggu 

Dalam masa hidupnya itu lebah pekerja menghasilkan 1/12 sendok teh madu . Setiap harinya mereka dapat mendatangi hingga dua ribu bunga. Namun, karena tidak dapat membawa serbuk sari dari banyak bunga sekaligus, mereka mengunjungi antara 50 hingga 100 bunga sebelum pulang, dan mengulangi sepanjang hari.

Ratu Lebah Hidup Sampai 5 Tahun 

Selama hidupnya, musim panas menjadi waktu paling sibuk bagi ratu lebah karena dapat bertelur rata-rata 1.500 hingga 2.500 telur sehari. Selama hidup, ia dapat bertelur hingga 1 juta telur.

Uniknya Tarian Lebah 

Lebah menari untuk berkomunikasi seperti menunjukkan arah sumber makanan dan membagikan informasi tentang cara kembali ke sarang. Salah satunya disebut tarian goyangan atau waggle dance dengan gerakan menyerupai angka 8 untuk memberi tahu lebah pekerja lain letak serbuk sari bunga.

Menjaga Suhu Sarang 

Sepanjang tahun, suhu sebuah sarang perlu mencapai 330 C. Ketika suhu turun, lebah membentuk kelompok yang rapat dalam sarang agar tetap hangat. Sedangkan lebah pekerja berada di sekitar ratu lebah melindungi dari udara dingin di luar. Jika musim panas tiba, lebah pekerja menjaga ratu lebah agar tidak kepanasan dengan mengipasi udara menggunakan sayap mereka.

Asal Muasal Lilin Lebah 

Lilin lebah atau beeswax berasal dari kelenjar khusus di perut lebah yang dibuat oleh lebah pekerja termuda yang membangun sarang. Terdapat delapan pasang kelenjar di bagian bawah perut yang menghasilkan tetesan lilin, dan mengeras menjadi serpihan saat terkena udara. Mereka melunakkannya di mulut agar bentuknya lentur.

Pecinta Kebersihan 

Lebah memelihara sarangnya agar terjaga kebersihannya. Hanya ratu lebah yang buang air besar dalam sarang, dan ada lebah yang ditunjuk untuk membersihkannya. Mereka sangat berhatihati, bahkan, mati pun mereka akan berusaha di luar sarang agar tidak mencemari makanan.

Menyimpan Beragam Manfaat 

Dari lebah madu berbagai produk perlebahan dihasilkan seperti, madu, propolis, royal jelly, dan bee pollen yang masing-masing memiliki berbagai manfaat, utamanya untuk kesehatan. Madu contohnya, khasiatnya sudah tak diragukan lagi, dan sudah dimanfaatkan sejak ribuan tahun silam, di antaranya membantu memperbaiki dan melindungi saluran pencernaan dan memiliki sifat antioksidan.

Dalam mengonsumsi madu, pilihlah yang tidak melalui proses pemanasan dengan suhu tinggi, sehingga kandungan enzimnya terjaga, seperti HDI Naturals™ Clover Honey, madu terbaik yang berasal dari bunga clover. Rasio perbandingan fruktosa (36.6%) dan glukosa (31.5%) pada HDI Naturals™ Clover Honey > 1, yaitu 1.16, artinya kandungan fruktosa lebih besar dari glukosa. Fruktosa dapat diubah menjadi energi tanpa memerlukan insulin, sehingga tidak memengaruhi kadar gula darah penderita diabetes. Kandungan fruktosa yang lebih besar tersebut menjadikan produk ini aman dikonsumsi penderita diabetes.

HDI Naturals™ Clover Honey telah teruji dari Sydney University Glycemic Index Research Service (SUGiRS), memiliki nilai indeks glikemik (53) dan indeks insulin (49) yang tergolong rendah, sehingga aman dikonsumsi jangka panjang untuk penderita diabetes dan seluruh keluarga, jika dikonsumsi sesuai anjuran pemakaian.

Sumber • 

https://www.natgeokids.com/uk/discover/animals/insects/honeybees/ • https://www.thoughtco.com/fascinating-facts-about-honeybees-4165293 • https://www.greeners.co/flora-fauna/lebah-madu-menunjukkanarah-lewat-tarian/

EKO HDI
EKO HDI Telp/WA 0852-7733-5254
Follow IG @eko.hdi