Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Minum Susu dengan Madu

Susu dan madu sama-sama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Keduanya juga disebut dapat diminum bersamaan, seperti apa ya manfaatnya?

Sebagai cairan kaya nutrisi, susu tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tapi memiliki peranan penting di bidang lain seperti, sistem pangan global, perekonomian, sosial, dan lainnya. 

Berbagai nutrisi, vitamin, dan mineral di dalamnya dapat membantu perbaikan sel tubuh, pertumbuhan, dan sistem imunitas. Oleh karena itu pula setiap 1 Juni diperingati sebagai Hari Susu Sedunia.

Sama halnya dengan susu, madu juga sejak lama dikenal memiliki berbagai manfaat, utamanya untuk kesehatan tubuh. 

Minum susu merupakan hal yang biasa dilakukan, tapi bagaimana dengan minum susu bersamaan atau dicampur dengan madu? 

Pernahkah Anda mencobanya? 

Ternyata ada penelitian yang menjelaskan, keduanya bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tubuh, dan dapat membantu pemulihan beberapa penyakit. Berikut ini manfaat lain minum susu dicampur madu.

Membantu Kesehatan Tulang 

Kandungan gizi dalam susu dapat menjadi sumber kalsium dan bermanfaat bagi tulang dengan meningkatnya kepadatan mineral tulang. 

Hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko patah tulang dan osteoporosis. Kandungan potasium pada susu juga membantu menjaga tekanan darah. 

Sedangkan sifat antioksidan dan antiradang pada madu disebut bisa melindungi kesehatan tulang. Jika dicampur dengan susu, manfaat ini dapat meningkat lagi. 

Kualitas Tidur Meningkat 

Paduan susu dan madu yang diminum sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena memiliki efek menenangkan pada otak. 

Sebuah penelitian terhadap 68 pasien penyakit jantung yang dirawat di rumah sakit menunjukkan, minum susu yang dicampur madu dua kali sehari selama tiga hari membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Mengonsumsi setengah sendok madu sebelum tidur juga diketahui bisa mengurangi batuk malam hari pada 300 anak dengan infeksi pernapasan. 

Mencegah Masalah Pernapasan 

Masalah pernapasan salah satunya disebut dapat dicegah dengan minum susu campur madu karena dapat membantu mengeluarkan bakteri agar infeksi saluran pernapasan mereda. 

Manfaatnya juga dapat dirasakan ketika sakit tenggorokan.

Kesehatan Jantung Meningkat 

Kadar kolesterol baik atau HDL yang berfungsi membersihkan plak pada arteri jantung untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler, dapat meningkat, khususnya dengan mengonsumsi susu murni. 

Ditambah dengan kandungan potasium, dapat mengurangi risiko hipertensi.

 Sedangkan madu dapat membantu mengurangi kadar trigliserida, kolesterol total, dan kolesterol jahat (LDL). Secara umum, susu yang dicampur madu membantu mengurangi faktor risiko terkena penyakit jantung dan strok. 

Melawan infeksi perut 

Kombinasi susu dan madu dengan sifat antibakteri dan antioksidan di dalamnya disebut dapat mengatasi bakteri penyebab infeksi di perut. 

Hal ini dapat membantu masa pemulihan lebih cepat dari penyakit perut, termasuk pulihnya bakteri usus yang baik.

Namun, penting diingat, untuk mengonsumsi susu campur madu sesuai kebutuhan, atau tidak berlebihan. 

Selain itu, saat akan mengonsumsinya, hindari memanaskan madu, apalagi pada suhu tinggi saat akan mencampurnya dengan susu. 

Sebab, hal itu dapat meningkatkan terbentuknya senyawa hidroksimetilfurfural (HMF) yang bisa menimbulkan efek negatif jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. 

Susu yang dilarutkan dengan air panas, sebaiknya dibiarkan dingin dulu, baru kemudian tambahkan madu.

Untuk madu pilihlah yang terbaik seperti madu HDI Clover Honey karena kaya nutrisi dengan kandungan bee pollen di dalamnya, aman untuk seluruh keluarga dan penderita diabetes jika dikonsumsi sesuai anjuran pemakaian, serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan  

EKO HDI
EKO HDI Telp/WA 0852-7733-5254
Follow IG @eko.hdi